Friday 29 May 2015

Filled Under:

Jurnal Penerapan Ilmu Antropometri (Studi Kasus Pembuatan Lemari Gantung Alat Tulis)

Share
Abstrak


Antropometri adalah pengetahuan yang menyangkut pengukuran dimensi tubuh manusia dan karakteristik khusus lain dari tubuh yang relevan dengan perancangan alat-alat atau benda-benda yang digunakan manusia. Perumusan masalah yang terdapat dalam jurnal kali ini ingin mengetahui bagaimana merancang produk berupa lemari gantung alat tulis dengan menggunakan ilmu antropometri dan membuat produk tersebut dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi. Perumusan masalah yang terdapat dalam jurnal ini untuk mencapai beberapa tujuan, yaitu Merancang produk yang akan dibuat, mengetahui dimensi tubuh yang diperlukan untuk perancangan produk, dan membuat produk hasil rancangan. Produk yang dibuat kali ini merupakan penerapan ilmu antropometri yang berupa lemari gantung alat tulis. Perancangan lemari gantung alat tulis ini menggunakan beberapa dimensi tubuh. Dimensi tubuh yang digunakan yaitu , tinggi mata berdiri (Tmb), lebar bahu (Lb), pangkal ke tangan (Pkt), panajng jari 1(Pj1), panjang jari 2(Pj2), Panajang jari 3(pj3) dan Panjang lengan bawah (Plb). Tipe perancangan yang dipilih pada saat merancang produk ini menggunakan tipe perancangan ekstrim dengan persentil yang digunakan sebesar 95%, diharapkan 95% dari populasi yang ada dapat menggunakan produk in dan untuk posisi penempatanya menggunakan persentil 50%. Lemari gantung alat tulis ini berfungsi sebagai alat penyimpanan alat-alat tulis sehingga bisa tertata rapi dan tersimpan dengan aman. Bentuk dari lemari gantung alat tulis ini adalah memiliki 6 rak kecil tempat penyimpanan, memiliki 3 kotak sebagai tempat pulpen, pensil dan spidol. Dan memiliki sekat atas sebagi tempat penyimpanan penggaris dan lain sebagainya. Kelebihan dari produk lemari gantung alat tulis ini adalah memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam menyimpan alat tulis sehingga tertata rapi dan tidak mudah hilang. Sedangkan kekurangan dari produk lemari gantung alat tulis ini adalah ukuran dari benda yang bisa disimpan pada produk ini terbatas.

Kata kunci :  Antropometri, percentile,lemari gantung alat tulis.





PENDAHULUAN

Latar Belakang

Manusia melakukan banyak kegiatan dan ingin merasa nyaman dalam berbagai kegiatannya tersebut. Kegiatan yang dilakukan agar rasa nyaman yang diinginkan tersebut tercapai salah satunya dengan melakukan perancangan.

Kegiatan perancangan dilakukan dengan menggunakan beberapa macam pendekatan ilmu. Salah satu ilmu pendekatan yang dapat digunakan yaitu ergonomi. Perancangan dapat dilakukan jika perancang mengetahui dimensi tubuh manusia, dalam ergonomi ilmu yang mempelajari ukuran dimensi tubuh manusia yaitu antropometri.

Kegiatan mengajar di dalam ruang kelas memerlukan tempat penyimpanan alat tulis berupa spidol papan tulis ataupun yang lainnya, namun ukuran alat tulis yang kecil sering membuat alat tulis tersebut hilang karena kurangnya tempat untuk menyimpan. Oleh karena itu dibuat perancangan lemari gantung alat tulis yang menggunakan pendekatan ilmu ergonomi yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan, dan efisiensi dalam penggunaanya.

Perumusan Masalah

Masalah yang ditemukan dalam perancangan kali ini yaitu bagaimana merancang dan membuat produk berupa lemari gantung alat tulis, dan juga apakah produk yang dirancang sudah sesuai dengan pendekatan ilmu antropometri.

Tujuan

Pembuatan jurnal ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini merupakan tujuan yang ingin dicapai tersebut:

  1. Mengetahui dimensi tubuh yang diperlukan untuk perancangan produk.
  2. Mengetahui tipe perancangan yang digunakan.
  3. Mengetahui persentil yang digunakan.
  4. Mengetahui allowance yang digunakan.
  5. Mengetahui perancangan dan pembuatan produk.
  6. Mengetahui kelebihan dan kekurangan produk.






Untuk mendapatkan jurnal lengkapnya dalam bentuk PDF secara gratis anda dapat mengunduhnya di sini :





0 comments:

Post a Comment