Friday, 29 May 2015

Filled Under:

Penelitioan Operasioanl (Contoh Studi Kasus Dominated Strategy dan Criteria Minimax)

Share
Dua perusahaan berbagi pasar untuk suatu produk tertentu. Masing-masing perusahaan mempersiapkan rencana pemasaran baru untuk tahun mendatang dalam usaha merebut pangsa pasar dari perusahaan lainnya. Total penjualan produk secara relative tetap, sehingga suatu perusahaan hanya dapat menambah penjualannya dengan memenangkan tiga alternative kemungkunan untuk memenangkan persaingan dari perusahaan lainnya. Masing-masing perusahaan mempertimbangkan alternative kemungkinan untuk memenangkan persaingan, yaitu:
a.       Meningkatkan promosi
b.      Perbaikkan kemasan yang keih menarik
c.       Penurunan harga

Ongkos dari ketiga alternative tersebut dapat diperbandingkan, dan masing-masing perusahaan hanya memilih satu alternative. Estimasi pengaruh dari masing-masing kombinasi alternative dalam kenaikkan persentase penjualan untguk perusahaan I sebagai berikut:
Gambar Tabel  Payoff

Masing-masing perusahaan harus membuat pilihannya sebelum mempelajari keputusan perusahaan lainnya.
  1. Tanpa eliminasi Dominated Strategy, Gunakan Criteria Minimax (atau Maximin) untuk menentukan strategi terbaik bagi masing-masing perusahaan.
  2. Gunakan dominated strategy sejauh mungkin. Tunjukkan urutan eliminasinya.

Untuk mendapatkan Pembahasan lengkapnya dalam bentuk PDF secara gratis, anda dapat mengunduhnya di sini :




0 comments:

Post a Comment